KEPALA DPMPTSP

V. SOEKENDRO

Home

RAKOR PROGRES PENGUSAHAAN PANAS BUMI WKP CANDI UMBUL TELOMOYO

RAKOR PROGRES PENGUSAHAAN PANAS BUMI

WKP CANDI UMBUL TELOMOYO

Pada hari kamis, tanggal 6 Agustus 2020 bertempat di ruang Rapat Bupati Semarang telah berlangsung Rapat Koordinasi membahas Progres Pengusahaan Panas Bumi WKP Candi Umbul Telomoyo.  Rapat dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang, diikuti oleh  Perangkat Daerah, Camat dan Kepala Desa terkait. Rapat juga dihadiri oleh perwakilan dari PT Geo Dipa Energi danTim Unit Usaha dan Kerjasama Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat (UUKBPP) FT Universitas Brawijaya.

Berdasarkan keputusan menteri ESDM Nomor 1749 K/30/MEM/2017 PT Geo Dipa Energi (Persero) mendapatkan penugasan pengusahaan panas bumi di WKP Candi Umbul Telomoyo.  Secara adminitrasi, kurang lebih 47%  WKP Candi Umbul Telomoyo berada di  Kabupaten Semarang,  selebihnya meliputi empat kabupaten/kota linnya yaitu Kabupaten Magelang,  Kabupaten Boyolali, Kabupaten Temanggung, dan Kota Salatiga. Selain sebagai area WKP terluas, berdasarkan survey Geosains, area prospek panas bumi juga berada di Kabupaten Semarang. Oleh karena itu, secara intensif Pemerintah Kabupaten semarang melakukan fasilitasi dan monitoring progres pengusahaan panas bumi WKP Candi Umbul Telomoyo.

Setelah menyelesaikan Pra Studi Kelayakan pada tahun 2018 dan tahun 2019, pada tahun 2020 PT Geo Dipa Energi bekerja sama denganUnit Usaha dan Kerjasama Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat (UUKBPP) FT Universitas Brawijaya akan melakukan survey untuk kajian desain sipil-infrastruktur di Desa Banyubiru, Desa Kemambang, Desa Kebondowo, dan Desa Wirogomo Kecamatan Banyubiru. Survey Desain Sipil –  meliputi kegiatan: penentuan koordinatlokasi pemboran eksplorasi (well pad) dan pemasanganBanch Mark (BM); pengukuranTrase Jalan untuk mencapai area well pad dan pengukuran DCP (dinamic cone penetration)/daya dukung tanah untuk jalan; pengukurantopografi area well pad dan sekitarnya (luas + 75  x 75 meter persegi); penyelidikan geoteknik (sondir dan soil sampling) di area rencana well pad; pencarian sumber air baku untuk keperluan saat pemboran eksplorasi  dan kajian Potensi Bencana(kalau ada).

Sekretaris Daerah, Gunawan Wibisono, dalam arahannya menyampaikan supaya tim survey selalu berkoordinasi dengan Camat Banyubiru dan Kades setempat agar survey berjalan dengan lancar. Pemerintah Kabupaten Semarang juga akan membentuk Tim untuk melakukan fasilitasi dan pengawalan setiap tahapan kegiatan pengusahaan panas bumi baik di WKP Candi Umbul Telomoyo maupun WKP Gunung Ungaran.

 

SOSIAL MEDIA

Login Form

CALL CENTER INFORMASI DAN PENGADUAN DPMPTSP KABUPATEN SEMARANG

DPMPTSP Kabupaten Semarang

Jl. Gatot Subroto No. 104 A Ungaran

Kabupaten Semarang. 50511

 

Call Center

Telp    : (024) 6921908

Fax     : (024) 6926911

e_mail: dpmptspkabsmg@gmail.com

SMS    : Fajar Artiwi, SH - Kasi Pendaftaran dan Pengelolaan Data ( 081390261410 )

 

Pengaduan

SMS  : Isneni Sri Hastuti, SH - Kasi Pengawasan dan Pengendalian ( 08122576135 )

 

 

PROFIL INVESTASI

Syarat dan Alur Primbon