KEPALA DPMPTSP

SURATNO, S.H., M.H.

Home

BUSINESS MATCHING TAHUN 2020

BUSINESS MATCHING TAHUN 2020

“FASILITASI KEMITRAANUMKM KABUPATEN SEMARANG DENGAN PT PANORAMA INDAH PERMAI (SALOKA THEME PARK) DANPT DESA WISATA INDONESIA

 (DUSUN SEMILIR)”

 

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh UMKM adalah pemasaran produk. Sementara itu, Saloka dan Dusun Semilir Eco Park merupakan dua wahana wisata baru di Kabupaten Semarang yang cukup besar dan menjadi destinasi wisata unggulan. Oleh karena itu, DPMPTSP menyelenggarakan kegiatan  Business Matching pada hari Selasa tanggal 4 Agustus 2020 bertempat di  Gunungan Resto Dusun Semilir. Kegiatan Business Matching tersebut  selain bertujuan untuk memfasilitasi UMKM Kabupaten Semarang untuk menjalin komunikasi dan kerjasama kemitraan dengan PT Panorama Indah Permai (Saloka) dan PT Desa Wisata (Dusun Semilir Eco Park) juga untuk memperkuat jejaring promosi potensi dan peluang investasi Kabupaten Semarang dengan para pemangku kepentingan terkait khususnya untuk produk UMKM unggulan serta untuk membangun integrasi dan sinergitas para pemangku kepentingan dalam rangka meningkatkan daya saing produk UMKM Kabupaten Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh 40 (empat puluh) pelaku UMKM yang berminat dan mempunyai potensi bermitra dengan kedua tempat wisata tersebut. Hadir pula pengurus inti UMKM Center Kabupaten Semarang  dan Ketua-ketua  Cluster: Cluster  Kuliner, Cluster Makanan Minuman Kemasan, Cluster Craft, Cluster Kopi, Cluster Olahan Bahan.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Semarang, Valeanto Soekendro dalam arahannya menyampaikan bahwaberdasarkan data yang terekam di OSS, kegiatan UMKM secara akumulatif mempunyai nilai investasi yang besar. Data Realisasi Investasi TW I Tahun 2020, dari izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) tercatat realisasi investasi sebesar 11, 6 Milyar dengan 197 proyek dan penyerapan 464 tenaga kerja. Oleh karena itu,pengembangan dan pembinaan UMKM mendapatkan perhatian khusus. Sesuai dengan tugas pokok fungsi DPMPTSPterkait dengan pemberdayaan UMKM adalah: Fasilitasi kemudahan izin berusaha; Fasilitasi kemitraan pelaku Usaha Menengah Besar dengan Usaha Mikro Kecil di Kabupaten Semarang; Fasilitasi pola kerja sama Penanaman Modal (termasuk UMKM).

Sedangkan Ananda Wien, Kasi Kelembagaan Usaha Mikro Kecil dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Semarang menyampaikan bahwa kemitraan belum sepenuhnya berjalan.  Beberapa penyebabnya adalah: UMKM tidak berani melangkah; Harga dari UMKM tidak kompetitif; Persyaratan terlalu berbelit; Pembayaran "Konsinyasi. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Semarang selalu berupaya melakukan fasilitasi agar UMKM bisa semakin berkembang dan naik kelas. Untuk dapat menjalin kemitraan pelaku UMKM didorong untuk melakukan persiapanproduk yang memadai agar diterima pasar, pastikan Produk UMKM telah memenuhi persyaratan: kemasan menarik, mempunyai ijin edar (minimal PIRT), mempunyai ciri khas, mencantumkan masa kadaluarsa. Juga memeprhitungkan kapasitasproduksidanpermodalan ketika akan melakukan Kemitraan dengan berbagai Toko/Objek Wisata.

Tim dari Dusun Semilir dipimpin Bapak Dheni selaku HRM dan Tim dari Saloka dipimpin Bp. Santika,Retail & Merchandise Manager Saloka Theme Park, dalam acara tersebut juga menggelar one on one meeting dengan para UKM yang melakukan penjajagan kemitraan. Dusun Semilir dan Saloka Theme Park terbuka untuk melakukan kerja sama kemitraan dengan UMKM di Kabupaten Semarang. Sementara Pimpinan BNI Kantor Cabang Pembantu Ungaran, Dyah Liring, menyatakan bahwa BNI siap siap memproses pengajuan KUR UMKM Kabupaten Semarang apabila  UMKM memerlukan tambahan modal.

 

 

 

SOSIAL MEDIA

Login Form

CALL CENTER INFORMASI DAN PENGADUAN DPMPTSP KABUPATEN SEMARANG

DPMPTSP Kabupaten Semarang

Jl. Gatot Subroto No. 104 A Ungaran

Kabupaten Semarang. 50511

 

Call Center

Wa     :

0822 4418 9108 (Sub Koord Pengelolaan Data dan Informasi)

0896 2778 2208 (Sub Koord Pengawasan dan Pengaduan)

Telp    : (024) 6921908

Fax     : (024) 6926911

e_mail: dpmptspkabsmg@gmail.com

 

 

 

 

PROFIL INVESTASI

Syarat dan Alur Primbon